Belajar Sedikit tentang Fotografi Yuk!!! - TEFA DAARUL ABROR

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 28 Februari 2023

Belajar Sedikit tentang Fotografi Yuk!!!

Banyak orang yang menganggap  menjadi seorang Fotografer adalah hal yang mudah, karena tinggal  cekrek ambil foto. Padahal menjadi seorang Fotografer bukan hanya sekedar ambil foto dan ada Teknik_teknik tertentu yang harus dipelajari  agar menghasilkan jepretan yang sangat bagus. Oleh karena itu, yuk kita sedikit pelajari bagaimana supaya bisa menjadi Fotografer yang menghasilkan sebuah jepretan yang bagus dan menarik.


     A. Pengertian

Fotografi adalah diambil dari Bahasa Inggris yaitu Fotography, proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Sementara itu menurut Ansel Adams, fotografi adalah sebagai media berekspresi dan komunikasi yang kuat, menawarkan berbagai persepsi, interpretasi,dan ekseskusi yang tak terbatas. Jadi, kesimpulan dari pengertian fotografi adakah sebuah teknik untuk menghasilkan sebuah gambar yang berdasarkan kepada pantulan pada objek yang akan difoto.

B.     B. Teknik-teknik Fotografi

Untuk menjadi seorang fotografer tidak hanya membutuhkan perlatan yang bagus saja, melainkan tau akan teknik-teknik yang bagus untuk digunakan pada suatu objek yang akan ia tangkap gambarnya. Apa aja sih teknik-teknik fotografi? Yuk kita belajar bersama!!!

1.   1.    Zooming

Zooming adalah teknik yang membuat objek utama terlihat jelas, sementara background terlihat kabur. Teknik ini bertujuan untuk mempertegas objek utama agar terlihat lebih mencolok. Zooming menggunakan kecepatan rana tidak lebih lebih dari 1/30 detik untuk menghasilkan kesan gerak.

 

2.    2.   Panning

Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. Teknik ini akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal jika mengikuti objek ketika membidik/memotret dengan speed rendah.

 

3.   3.    Freezing

Freezing adalah teknik memotret pada sebuah objek yang sedang bergerak, misalnya air, orang yang sedang berolahraga, dengan seolah-olah kita dapat menghentikan objek yang sedang bergerak tersebut. Pada teknik freezing ini objek dibuat seolah gerakannya membeku dan menghasilkan objek yang tampak tajam saat ia bergerak.

 

4.   4.    Macro

 Macro adalah teknik foto yang diambil dengan jarak yang sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi pada sebuah objek berukuran kecil. Misalnya memotret bunga pada jarak dekat maka bunga tersebut akan terlihat lebih fokus dan membesar.

 Dan masih banyak lagi teknik-teknik fotografi yang ada, disini kita hanya sedikit saja membahasnya supaya kalian penasaran dan ingin terus belajar tentang fotografi…hehe. Setelah sedikit membahaas teknik-teknik fotografi, sekarang kita akan sedikit membahas bagaimana sih teknik yang baik untuk pengambilan sebuah gambar.


  C.  Teknik Pengambilan Gambar

Dalam pengambilan gambar juga kita harus menggunakan teknik,agar mendapatkan gambar dengan hasil yang memuaskan. Teknik Pengambilan gambar merupakan teknik untuk memilih luas area pada frame foto. Teknik Pengambilan gambar memiliki beberapa cara antara lain:

1.   1.    Extrem Long Shot

Extrem Long Shot ini adalah teknik dimana kamera akan di posisikan sejauh jauh nya dari subjek,biasanya teknik ini menggunakan kamera dengan lensa wide,dengan tujuan membuat subjek yang ada di dalam frame tampak kecil ketika dibandingkan dengan lokasi di sekelilingnya.

 

2.    2.  Long Shot

Teknik Long Shot ini merupakan teknik pengambilan gambar dengan area frame yang lebar, artnya selain objek utama background juga tertangkap oleh kamera dengan luas yang cukup besar. Berbeda dengan extreme long shot, teknik ini memiliki batasan yaitu apabila objeknya manusia adalah ujung kaki hingga kepala, namun masih memberikan sedikit ruang di sekitar objek.

 

3.    3.   Medium Long Shot

Medium long shot adalah teknik pengambilan gambar dengan area frame yang sempit dan hanya memotret sebagian tubuh saja.jadi apabila subjek fotonya adalah manusia batas menggabilan gambar nya hanya dari lutut sampai kepala dan memberikan batas ruang yang sedikit di atas kepala.

 

4.      4. Close up

Jadi Close Up ini adalah teknik pengambilan gambar lebih dekat dengan objek manusia sebatas bahu hingga kepala. Teknik close up berfungsi dalam menampilkan detail karakter atau ekspresi wajah seseorang.

 

5.    5.    Big Close up

Big close up adalah teknik pengambilan gambar yang hanya mengambil bagian wajah secara terperinci pada objek manusia, biasanya jika objek foto adalah manusia maka batas pengambilan foto hanya dari bagian wajah saja.jadi tujuan nya itu untuk mengekspos ekspresi wajah lebih jelas.

 

6.    6.    Ekstreme Close Up

Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar secara lebih terpusat hanya pada satu bagian tertentu objek secara detail. Cakupan area fame hanya terfokus pada bagian tertentu, misalnya pada manusia yaitu kelopak mata, hidung, atau bibir saja.

  Nah itulah sedikit tentang seputar fotografi, kalo kalian berminat untuk terus memperdalam dunia fotografi, kalian bisa gabung bersama kami di kompetensi keahlian Design Komunikasi Visual di SMKIT DAARUL ABROR.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar