SWOT adalah singkatan dari (Strengths, Weakness, Opportunites, dan Threats) yaitu metode analisis perencanaan dan mengevaluasi suatu perusahaan baik eksternal maupun internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. Metode ini akan lebih baik jika dibahas dengan menggunakan tabel sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Analisis SWOT merupakan alat penting untuk memahami kesehatan suatu bisnis atau perusahaan. Metode ini memungkinkanmu mengambil keputusan untuk mengidentifikasi posisi organisasi, masalah, hingga di bagian mana yang perlu ditingkatkan. Manfaat dari SWOT sendiri juga dapat mengetahui strategi apa yang akan digunakan untuk kedepannya dan akan mengetahui apa aja kekurangan yang terdapat dala perusahaan tersebut SWOT sendiri adalah Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunites (peluang), dan Threats (ancaman). Emang apa aja pengertian dari SWOT itu?
1. 1. Strengths (kekuatan)
Elemen SWOT yang pertama adalah Strengths,
yaitu kelebihan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan ini adalah faktor
internal yang seharusnya diketahui oleh perusahaan sendiri. Contoh
analasis strengths pada suatu
perusahaan kedai kopi:
- Kualitas
kopi yang digunakan adalah yang terbaik
- Terdapat
berbagai pilihan rasa yang unik
- Harga
yang ditawarkan adalah harga mahasiswa dan terjangkau
2. 2.. Weakness (kelemahan)
Elemen yang kedua adalah Weakness,
yaitu kekurangan yang ada dalam perusahaan dan merupakan faktor internal yang
pastinya diketahui oleh perusahaan itu sendiri. Contoh analisis Weakness
pada suatu perusahaan kedai kopi:
·
Modal
besar untuk membeli bahan dan sewa kedai
·
Sulitnya
mencari pegawai baru sesuai standar
·
Faktor
cuaca mempengaruhi persediaan bahan baku kopi
3. 3. Opportunities(peluang)
Peluang adalah faktor eksternal
dalam lingkungan bisnis anda yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan
bisnis.
- Tingginya
tingkat konsumtifterhadap kopi pada
kalangan mahasiswa.
- Media
social memudahkan promosi dan interaksi antara pelanggan dan kedai kopi.
- Adanya
platform pemesanan makanan dan minuman daring memudahkan akses jual beli.
4. 4.. Thereats(ancaman)
Ancaman adalah faktor eksternal yang tidak
dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan hal ini untuk
menempatkan rencana darurat dalam menangani masalah yang terjadi.
- Lokasi
kedai kopi lain cukup dekat
- Kenaikan
harga barang baku
- Usaha
kedai kopi makin menjamur di berbagai tempat
Jadi analisis SWOT bisa menjadi
salah satu alternatif kita untuk bisa mengintropeksi usaha kita, bisa menjadi
pelajaran kita bahwa usaha kita kurangnya dimana, apa yang harus diperbaiki,
dan lain-lain. Kalo kalian ingin memperdalam ilmu yang seperti ini, yuk gabung
bersama di SMKITA DAARUL ABROR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar