penyajian makanan - TEFA DAARUL ABROR

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 01 Maret 2023

penyajian makanan

 

Penyajian makanan yang apik akan sangat mempengaruhi selera makan konsumen. Ketika konsumen melihat tata hiding yang menarik, maka akan timbul keinginan untuk menikmati makanan tersebut. Untuk mendapatkan kesan yang menarik, maka penyajian dan tata hiding makanan harus benar-benar diperhatikan. Teknik penyajian makanan biasanya menjadi ciri khas dari suatu restoran. Jadi disini sekarang kita akan sedikit membahas tentang bagaimana sih menyajikan yang baik dan menarik supaya bisa menambah selera makan kita, yuk kita belajar bersama!!!







A.            A.    Teknik Penyajian

Jika kita ingin menyajikan makanan yang menarik, sudah pasti ada teknik-tekniknya dan tidak asal menyajikan. Setiap restoran biasanya sudah menentukan sebelumnya tata cara penyajian yang dikehendaki untuk diterapkan pada restorannya. Restpran yang menyajikan makanan internasional seperti restoran yang dioperasikan di hotel perlu menyelaraskan sajiannya dengan alat-alat serta ciri pelayanan dari makanan tersebut.

 

B.          B.   Jenis-jenis Penyajian Makanan

Penyajian makanan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara supaya menarik. Berikut ini adalah penyajian makanan yang dipakai dalam food and beverage hotel diseluruh dunia.

a.       Table Service

Table Service adalah sebuah system penyajian makanan diatas meja. Dalam hal ini makanan dan minuman disajikan oleh waiter/ess. Table Service ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

·         American Service

Sistem pelayanan ini bersifat sederhana, tidak resmi serta cepat. Umumnya dalam pemorsian makanan dilakukan di dapur, jenis pelayanan ini disebut juga dengan ready plate service atau quick service. American service (pelayanan makan secara amerika) merupakan salah satu pelayanan di ruang makan, dimana makanan telah siap diracik diatas piring dari daput dan langsung disajikan kepada tamu.

·         English Service

English Service atau family style service yaitu system pelayanan dimana makanan dating dari dapur, diletakan diatas platter yang besar dan dioperasikan dari satu tamu ke tamu yang lainnya atau platter diletakkan di tengah-tengah meja dan tamu mengambil sendiri makanan tersebut. Semua makanan untuk satu “course” ditempatkan di meja. Cara ini dianggap sebagai setengah self service, karena minuman, soup, salt, dan dessert dilayani oleh nyonya rumah, yang lainnya dapat ambil sendiri. Cara ini biasanya dilakukan di tempat-tempat berlibur, seperti villa dan di daerah pariwisata.

·         French Service

Istilah lain dari French Service adalah Gueridon Service atau silver service yang bersifat resmi. Ciri-ciri dari pelayanan ini adalah dilaksanakan oleh dua orang pramusaji yang bertugas sebagai Chef de Rang (captain) dan Commus de Rang (waiter) serta menggunakan alat bantu, yakni gueridon atau meja/kereta dorong. Ciri khas dari pelayanan ini adalah masakan dimasak diatas troli(gueridon) atau meja yang ringan dan mudah dipindahkan di depan para tamu. Tipe pelayanan ini dilakukan oleh restoran-restoran khusus yang disebut dengan restoran dengan menu a’la carte.

 

b.       Buffet Service

Buffet Service adalah salah satu tipe dasar pelayanan di ruang makan.Hidangan secara lengkap dihidangkan dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup.hidangan ditata dan diatur dengan rapi di atas meja buffet atau meja prasmanan yang berukuran Panjang.para tamu bebas menentukan serta melayani dirinya sendiri untuk mengambil menu yang disukainya secara Sebagian atau keseluruhan .tamu juga dipandu oleh chef yang siaga berdiri di belakang meja buffet selama jamuan makan berlangsung.Pada umumnya pelayanan buffet merupakan kombinasi dari keduanya.

Direstoran pada umumnya harga buffet service sudah di cantumkan. Dengan membayar sejumlah uang tertentu,setiap tamu harus mengambil dan melayani dirinya sendiri dengan hidangan yang telah tersedia dengan lengkap di atas meja buffet atau prasmanan tersebut untuk dinikmati sepusnya.

 

c.       Banquest service

Pada prinsipnya, banquest service hamper sama dengan buffet service. Namun pada banquest service terdapat lebih banyak hiasan baik di meja maupun di ruangan yang di gunakan untuk jamuan.Tipe pelayan ini sering di gunakan untuk acara-acara resmi baik kenegaraan ataupun pribadi seperti pernikahaan sehingga acara makan merupakan bagian dari keseluruhan acara yang telah di rancang olkeh suaru tim. Makanan dan minuman yang di sajikan lebih mewah dari menu pada prasmanan.

 

d.       Counter service

Counter service merupakan suatu pelayanan, dimana tamu yang datang langsung duduk di counter. Apabila makanan dan minuman yang di pesanya sudah siap maka akan di sajikan kepada tamu tersebut di atas counter. Yang di maksud dengan counter adalah meja Panjang yang membatasi ruangan restoran dengan ruang dapur.

 

e.        Self service

Self service dapat juga di sebut dengan buffet service, yaitu satu system pelayanan yang di berika kepada tamu-tamunya yang dapat mengambil langsung makanan yang diinginkanya yang telah tersedia di meja buffet, sedangkan untukn minuman panas biasanya di sajikan oleh pramusaji.

 

f.        Carry out sercice

Carry out service merupakan suatu system pelayan makanan di mana tamu datang untuk membeli makanan yang telah siap atau disipakan terlebih dahulu, kemudian di bungkus dalam l kotak dan dibawa oleh si pembeli untuk dimakan di luar restoran. Jadi tamu tidak akan makan di tempat atau dalam ruang restoran, karena itu tamu ini tidak perlu dilayani oleh petugas pramusaji.


Jadi, itulah sedikit tentang pembahasan Penyajian Makanan. Kalo kalian ingin lanjut memperdalam ilmu tentang penyajian makanan khususnya yang bingung mau ngelanjutin sekolah dari SMP mau kemana, gabung aja yuk bareng kami di SMKIT DAARUL ABROR ada jurusan Bisnis Digital, Design Komunikasi Visual, dan terakhir kuliner.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar