Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) - TEFA DAARUL ABROR

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 02 Maret 2023

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)

 



A.     Pengertian

Uji Kompetensi Keahlian atau yang serimg disingkat menjadi “UKK” adalah salah satu ujian untuk anak kelas 3 SMK, dimana disini para siswa-siswi akan diuji tentang pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Uji Kompetensi sendiri adalah penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. Dengan diadakannya UJIKOM seperti ini sekolah dapat melihat keahlian para siswa-siswinya sebelum menerjunkan mereka ke dunia industri yang sebenarnya.

 

B.      Tujuan

Tujuan dari UKK adalah untuk :

a.       Mengetahui tingkat capaian hasil belajar peserta didik

b.       Meningkatkan keterampilan peserta didik agar menjadi pribadi yang lebij terampil dan lugas dalam bersikap.

c.       Sebagai jembatan guna mencapai kompetensi lulusan yang berkompeten dan mampu berdaya saing.

d.       Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

 

C.      Manfaat

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh para siswa-siswi ketika mereka berhasil lulus UKK serta mendapatkan sertifikasi UKK itu sendiri:

a.       Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri siswa

b.       Mempunyai bukti terkait kompetensi yang dimiliki

c.       Memiliki kesempatan berkarir yang baik

d.       Menambah nilai dalam proses pemilihan tenaga kerja

D.     Jenis-jenis

Ada beberapa jenis UKK yang akan dilaksanakan oleh berbagai kompetensi keahliannya masing-masing:

a.       Pelaksanaan UKK oleh dunia kerja atau asosiasi profesi,

b.       Pelaksanaan UKK oleh SMK bersama dengan Lembaga sertifikat berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),

c.       Pelaksaan UKK Mandiri oleh SMK bersama mitra dunia kerja menggunakan standar minimal instrument UKK yang disusun oleh pemerintah pusat.

Adapun pelaksanaan UKK di SMKIT DAARUL ABROR, untuk kompetensi keahlian Bisnis Daring & Pemasaran mengacu pada standar kualifikasi kompetensi yang ditetapkan oleh dunia kerja yang bertujuan untuk mendapatkan sertifikat yang diakui oleh dunia kerja dan asosiasi profesi. Dalam hal ini menggandeng PT. Chlorine Digital Media sebgai rekanan industry yang beralamat di jl. Kebon Sirih No. 40 Bandung 40117 | 082140405444. Dan pelaksanaan UKK memakai soal industry & penerbitan sertifikat dari industry.

Untuk kompetensi keahlian Multimedia dilaksankan UKK Mandiri bersama mitra dunia kerja menggunakan standar minimal instrument UKK yang disusun oleh pemerintah pusat. Satuan Pendidikan bersama mitra dunia kerja diperkenankan sebagian atau keseluruhan isi minimal setara dengan yang disususn oleh pemerintahan pusat. Dalam hal ini SMKIT DAARUL ABROR menjadikan Akeno Multimedia Solution sebagai rekanan industry yang beralamat di Vila Bandung Indah, Blok E11. No.27 (Vila Jepang, Cileunyi Kulon, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 45363 |  083824399361.

Dan terakhir untuk kompetensi keahlian Jasa Boga dilaksankan UKK bersama dengan Lembaga sertifikasi berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diperkenankan untuk menyelenggarakan UKK sesuai ruang lingkup skema sertifikasi yang telah ditetapkan.

Jadi sebenarnya sekolah di SMK bukanlah pilihan yang salah, terkadang mereka lebih bisa tahu tentang keadaan dunia industry daripada anak SMA. Ditambah lagi dengan adanya UKK sebelum mereka lulus dari SMK, mereka bisa menjadi SDM yang akan berpengaruh pada dunia industri khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, yuk gabung bersama kami di SMKIT DAARUL ABROR ada kompetensi keahlian Bisnis Daring & Pemasaran, Multimedia, dan Jasa Boga kalian bisa memilih kompetensi keahlian yang kalian minati dan ingin memperdalamnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar