PENERAPAN ANAK TERHADAP KARAKTER ISLAM MELALUI PESANTREN - TEFA DAARUL ABROR

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 21 Februari 2023

PENERAPAN ANAK TERHADAP KARAKTER ISLAM MELALUI PESANTREN






Penanaman nilai-nilai akhlak sangat penting diterapkan dalam dunia pendidikan, salah satunya di dalam pondok pesantren yang sangat ditekankan nilai-nilai akhlak sampai saat ini. Didalam pondok pesantren para santri senantiasa dibiasakan untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah baik dalam proses pembelajaran, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga para santri dapat menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah sebagai bekal kehidupannya di masa depan dan dalam kehidupan bermasyarakat kelak.  di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran SMK IT DAARUL ABROR yaitu: 

1. Menanamkan cinta kepada Al-Quran dengan menghafalkan dan meneladani akhlak yang tercantum dalam Al-Quran 

2.Santri diharuskan untuk mentaati peraturan yang ada di pondok ini

3.Hafalan yang dipunya harus senantiasa dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari

Untuk tercapainya tujuan  ini menggunakan pedekatan  dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi kepada para santri/santriwati SMK IT DAARUL ABROR. Setelah itu data yang terkumpul di analisis dengan memberikan pengarahan dan bimbingan .

Hasil observasi di Pondok Pesantren di SMK IT DAARUL ABROR menunjukkan bahwa: 

(1) Nilai-nilai Akhlak yang ada di Pondok Pesantren tahfidzul quran smk it daarul abror, yaitu: Iman kepada Allah, Berlaku Jujur, Menunaikan amanat, Ikhlas, Ni’mat bicara dan Adabnya, Penyantun dan Sabar  Melalui kegiatan-kegiatan di pondok pesantren dan melalui kehidupan sehari-hari di pondok . 

(2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai akhlak di abror, antara lain, faktor pendukung, yaitu: Dari penerapan pembelajaran, dorongan dari individu santri untuk berakhlak yang baik, motivasi dari orang tua, dan tauladan yang baik dari ustadz/ustadzah.


Faktor penghambat, yaitu: Santri yang malas dalam mengikuti kegiatan, Kurangnya dukungan dari orang tua, pengaruh teman yang kurang baik akhlaknya dari luar lingkungan pondok pesantren, penyalahgunaan penggunaan internet (media sosial), dan Kurangnya pengawasan dan keteladanan secara langsung oleh pengasuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar