apa sih itu PKK?? - TEFA DAARUL ABROR

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 08 Februari 2023

apa sih itu PKK??






Ketika SMKIT DAARUL ABROR sedang melaksanakan pembelajaran berbasis projek atau disebut dengan PJBL (Project Based Learning). PJBL ini adalah Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah salah satu dari projek yang dilaksakan oleh siswa-siswi SMKIT DAARUL ABROR adalah PKK (Produk Kreatif & Kewirausahaan).

Produk Kreatif & Kewirausahaan merupakan kemampuan dalam mengeluarkan gagasan atau ide untuk menciptakan hasil yang inovatif. Gagasan yang inovatif tersebut nantinya akan memberikan peluang bisnis dan memecahkan permasalahan dalam kehidupan. Jadi, siswa-siswi SMKIT DAARUL ABROR khususnya jurusan atau kompetensi keahlian Bisnis Digital dalam melaksanakan kegiatan PJBL ini ditempatkan di PKK. Di PKK ini para siswa jurusan Bisnis Digital akan langsung mempraktikan hasil belajar mereka di kelas seperti Komunikasi Bisnis, Negosiasi Bisnis dan lain-lain karena mereka ditempatkan di PKK untuk berjualan produk-produk yang telah dibuat oleh siswa dari jurusan atau kompetensi keahlian Tata Boga dan diperjual-belikan siswa-siswi SMKIT DAARUL ABROR.

Dengan adanya PKK buat PJBL siswa-siswi jurusan Bisnis Digital bisa membuat para peserta didik mendapatkan gambaran bagaimana ketika mereka akan memulai bisnis mereka setelah lulus ataupun ketika mereka berkuliah sambil berwirausaha. Dan dengan dilaksanakannya Project Based Learning ini para siswa-siswa memiliki sifat jujur, disiplin, kreatif & inovatif, serta bertanggung jawab karena mereka sudah mempratikan apa yang seharusnya mereka lakukan apabila mereka sudah langsung menghadapi kehidupan dunia luar. Kelebihan dari dilaksanakannya Project Based Learning ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk tekun dan berusaha keras dalam mencapai prjek dan merasa bahwa metode pembelajaran ini menyenangkan. Memang seperti inilah zaman sekarang, siswa-siswi lebih meyukai pembelajaran secara praktek daripada harus banyak menulis di buku, maka dengan itu pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan semangat belajar para siswa-siswi SMKIT DAARUL ABROR karena mereka sekolah sambil berpesantren.  


  

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar